Selasa, 02 Januari 2018

sejarah animation

Animasi

Animasi bola memantul (di bawah) terdiri dari enam bingkai ini.
Animasi ini bergerak pada 10 frame per detik.
Animasi adalah media dinamis dimana gambar atau objek dimanipulasi untuk tampil sebagai gambar bergerak. Dalam animasi tradisional gambar digambar (atau dicat) dengan tangan di atas senapan agar dipotret dan dipamerkan di film . Saat ini kebanyakan animasi dibuat dengan citra buatan komputer (CGI). Animasi komputer bisa jadi animasi 3D sangat detail, sedangkan animasi komputer 2D bisa digunakan untuk alasan gaya, bandwidth rendah atau rendering real-time yang lebih cepat. Metode animasi umum lainnya menerapkan teknik stop motion ke objek dua dan tiga dimensi seperti potongan kertas , boneka atau gambar tanah liat . Teknik stop motion dimana aktor live digunakan sebagai subjek frame-by-frame dikenal sebagai pixilation .
Umumnya efek animasi dicapai dengan suksesi sekuensial gambar berurutan yang minimal berbeda satu sama lain. Ilusi - seperti dalam film secara umum - diperkirakan mengandalkan fenomena phi dan gerakan beta , namun penyebab pastinya masih belum pasti. Media animasi mekanis analog yang mengandalkan tampilan cepat gambar sekuensial meliputi phénakisticope , zoetrope , buku flip , praxinoscope dan film. Televisi dan video adalah media animasi elektronik populer yang awalnya analog dan sekarang beroperasi secara digital . Untuk tampilan di komputer, teknik animasi animasi GIF dan Flash dikembangkan.
Terlepas dari film pendek , film layar lebar , animasi gif dan media lain yang didedikasikan untuk tampilan gambar bergerak, animasi juga banyak digunakan untuk video game , motion graphics dan efek spesial .
Gerakan fisik bagian gambar melalui mekanika sederhana misalnya gambar bergerak dalam pertunjukan lentera ajaib juga bisa dianggap animasi. Animasi mekanis dari perangkat robot sebenarnya dikenal sebagai animatronik .
Animator adalah seniman yang mengkhususkan diri dalam menciptakan animasi.

Etimologi 

Kata "animasi" berasal dari bahasa Latin "animationem" (nominatif "animatio"), kata benda tindakan dari tangkapan "animare" masa lalu, yang berarti "tindakan menanamkan kehidupan". Arti utama kata bahasa Inggris adalah "keaktifan" dan telah digunakan lebih lama dari pada arti "media gambar bergerak". [1]

Sejarah 

Sebuah cakram fenakistoskop oleh Eadweard Muybridge (1893)
Sejarah animasi dimulai jauh sebelum perkembangan sinematografi . Manusia mungkin telah mencoba untuk menggambarkan gerakan sejauh periode paleolitik . Bayangan dan lentera ajaib menawarkan pertunjukan populer dengan gambar bergerak sebagai hasil manipulasi dengan tangan dan / atau beberapa mekanika kecil. Pada tahun 1833, fenakistiscope memperkenalkan prinsip stroboskopik dari animasi modern, yang juga akan memberikan dasar untuk zoetrope (1866), buku flip (1868), praksinoskop (1877) dan sinematografi.
Sebuah praxinoscope memproyeksikan, 1882, di sini diperlihatkan melapiskan gambar animasi pada adegan latar belakang yang diproyeksikan secara terpisah
Charles-Émile Reynaud mengembangkan ramalan praksinoskopnya lagi di Optique Théâtre dengan gambar-gambar berwarna yang dilukis dengan tangan transparan dengan luka strip panjang berlubang di antara dua kelopak yang dipatenkan pada bulan Desember 1888. Dari tanggal 28 Oktober 1892 sampai Maret 1900 Reynaud memberikan lebih dari 12.800 pertunjukan ke total dari 500.000 pengunjung di Musée Grévin di Paris. Pantomim nya Lumineuses serangkaian film animasi masing-masing berisi 300 sampai 700 frame yang dimanipulasi bolak-balik hingga bertahan 10 sampai 15 menit per film. Musik piano, lagu dan beberapa dialog dilakukan secara live, sementara beberapa efek suara disinkronkan dengan elektromagnet.
Ketika film menjadi media umum, beberapa produsen mainan optik mengadaptasi lentera sihir kecil ke dalam proyektor film mainan untuk memutar film pendek. Pada tahun 1902 mereka memproduksi banyak loop film kromolithografi , biasanya dengan menelusuri rekaman film live-action (mirip teknik rotoscoping yang kemudian).
Beberapa pembuat film awal, termasuk J. Stuart Blackton , Arthur Melbourne-Cooper , Segundo de Chomón dan Edwin S. Porter bereksperimen dengan animasi stop-motion, mungkin sejak sekitar tahun 1899. Blackton's The Haunted Hotel (1907) adalah sukses besar pertama yang membingungkan penonton. dengan benda-benda yang rupanya bergerak sendiri dan mengilhami pembuat film lainnya untuk mencoba teknik untuk diri mereka sendiri.
J. Stuart Blackton juga bereksperimen dengan animasi yang digambar di papan tulis dan beberapa animasi potongan di Fasimen Humoris Facial Lucu (1906).
Film animasi tertua yang diketahui dibuat dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai animasi tradisional (hand-drawn) - Fantasmagorie 1908 oleh Émile Cohl
Pada tahun 1908 Émile Cohl 's Fantasmagorie dilepaskan dengan tampilan kapur putih-on-hitam yang dibuat dengan cetakan negatif dari gambar tinta hitam di atas kertas putih. [2] Film ini sebagian besar terdiri dari sosok tongkat yang bergerak dan menghadapi semua jenis benda morf , termasuk botol anggur yang berubah menjadi bunga. [3]
Terinspirasi oleh film stop-motion milik Ecmile Cohl Les allumettes animées [Animated Matches] (1908), Ladislas Starevich mulai membuat animasi wayang berpengaruh di tahun 1910.
Little Nemo dari Winsor McCay (1911) memamerkan gambar yang sangat rinci. Gertie the Dinosaur (1914) juga merupakan contoh awal pengembangan karakter dalam animasi yang digambar. [4]
Charlie di Turki (1916), sebuah film animasi karya Pat Sullivan untuk Keen Cartoon Corporation .
Selama tahun 1910-an, produksi film pendek animasi yang biasanya disebut sebagai " kartun ", menjadi industri celana pendek kartun dan sendiri diproduksi untuk ditampilkan di bioskop. [5] Produser yang paling sukses saat itu adalah John Randolph Bray , yang, bersama dengan animator Earl Hurd , mempatenkan proses animasi sel yang mendominasi industri animasi selama sisa dekade ini. [6] [7]
Kartunis Italia-Argentina Quirino Cristiani menunjukkan tokoh terpesona dan terucap dari karakter satiris El Peludo (berdasarkan Presiden Yrigoyen ) yang dipatenkan pada tahun 1916 untuk merealisasikan filmnya, termasuk film animasi pertama di dunia El Apóstol . [8]
El Apóstol (bahasa Spanyol: "The Apostle") adalah film animasi Argentina 1917 yang memanfaatkan animasi cutout, dan film animasi pertama di dunia. [9] [10] Sayangnya, api yang menghancurkan produser film studio Federico Valle membakar satu-satunya salinan El Apóstol yang diketahui, dan sekarang dianggap sebagai film yang hilang . [11] [12]
Pada tahun 1932, film animasi pendek pertama yang dibuat sepenuhnya dengan Technicolor (menggunakan filter fotografi merah / hijau / biru dan tiga strip film) adalah Bunga dan Pohon Walt Disney , yang disutradarai oleh Burt Gillett . Tapi, film fitur pertama yang dilakukan dengan teknik ini, terlepas dari film The Vanities Fair (1935), oleh Rouben Mamoulian, adalah " Putri Salju dan Tujuh Kurcaci ", juga oleh Walt Disney. [13]
Pada tahun 1958, Hanna-Barbera merilis The Huckleberry Hound Show , program televisi setengah jam pertama yang hanya ditampilkan dalam animasi. [14] Terrytoons merilis Tom Terrific pada tahun yang sama. [15] [16] Televisi secara signifikan mengurangi perhatian publik terhadap celana pendek animasi yang diperlihatkan di bioskop. [14]
Animasi komputer telah menjadi populer sejak Toy Story (1995), film animasi berdurasi panjang pertama yang dibuat dengan teknik ini.[17]
Pada tahun 2008, pasar animasi senilai US $ 68,4 miliar. [18] Animasi sebagai seni dan industri terus berkembang pada pertengahan 2010 karena proyek animasi yang dibuat dengan baik dapat menemukan khalayak melintasi batas dan di keempat kuadran . Film dengan fitur animasi panjang mengembalikan margin kotor tertinggi (sekitar 52%) dari semua genre film dalam rentang waktu 2004-2013. [19]

Teknik 

Animasi tradisional 

Contoh animasi tradisional, seekor kuda yang diotori oleh rotoscoping dari foto-foto abad ke-19 Eadweard Muybridge
Animasi tradisional (juga disebut animasi cel atau animasi yang digambar tangan) adalah proses yang digunakan untuk kebanyakan film animasi abad ke-20. [20] Bingkai individu dari sebuah film animasi tradisional adalah foto gambar, pertama kali digambar di atas kertas. [21] Untuk menciptakan ilusi gerakan, masing-masing gambar sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Gambar animator dilacak atau difotokopi ke lembaran asetat transparan yang disebut kels , [22] yang diisi dengan cat dalam warna atau nada yang ditetapkan di sisi yang berlawanan dengan gambar garis. [23] Karakter yang telah selesai dipotret satu per satu dari latar belakang yang dilukis dengan kamera mimbar ke film film.[24]
Proses animasi sel tradisional menjadi usang pada awal abad ke-21. Saat ini, gambar animator dan latar belakang dipindai atau ditarik langsung ke dalam sistem komputer. [25] [26] Berbagai program perangkat lunak digunakan untuk mewarnai gambar dan mensimulasikan pergerakan dan efek kamera. [27] Potongan animasi terakhir adalah output ke salah satu dari beberapa media pengiriman, termasuk film 35 mm tradisional dan media yang lebih baru dengan video digital . [28] [25] "Tampilan" animasi sel tradisional masih dipertahankan, dan karya animator karakter pada dasarnya tetap sama selama 70 tahun terakhir. [29] Beberapa produsen animasi telah menggunakan istilah "tradigital" (sebuah permainan kata "tradisional" dan "digital") untuk menggambarkan animasi cel yang menggunakan teknologi komputer yang signifikan.
Contoh film fitur animasi tradisional termasuk Pinocchio (Amerika Serikat, 1940), [30] Animal Farm (Inggris, 1954), dan The Illusionist (British-French, 2010). Film animasi tradisional yang diproduksi dengan bantuan teknologi komputer termasuk The Lion King (AS, 1994), Pangeran Mesir (AS, 1998), Akira (Jepang, 1988), [31] Spirited Away (Jepang, 2001), The Triplet dari Belleville (Prancis, 2003), dan The Secret of Kells (Irlandia-Prancis-Belgia, 2009).

Penuh animasi 

Animasi penuh mengacu pada proses memproduksi film animasi tradisional berkualitas tinggi yang secara teratur menggunakan gambar terperinci dan gerakan yang masuk akal, [32] memiliki animasi yang halus. [33] Film animasi lengkap dapat dibuat dalam berbagai gaya, mulai dari karya animasi yang lebih realistis seperti yang diproduksi oleh studio Walt Disney ( The Little Mermaid , Beauty and the Beast , Aladdin , The Lion King ) hingga semakin 'kartun' gaya studio animasi Warner Bros. Banyak fitur animasi Disney adalah contoh animasi penuh, seperti juga karya non-Disney, The Secret of NIMH (AS, 1982), The Iron Giant (AS, 1999), dan Nocturna (Spanyol, 2007). Film animasi penuh animasi dengan kecepatan 24 frame per detik, dengan kombinasi animasi pada satu dan dua, yang berarti gambar bisa dipegang untuk satu frame dari 24 atau dua frame dari 24. [34]

Animasi terbatas 

Animasi terbatas melibatkan penggunaan gambar yang kurang rinci atau lebih bergaya dan metode gerakan biasanya berombak atau "skippy" gerakan animasi. [35] Animasi terbatas menggunakan lebih sedikit gambar per detik, sehingga membatasi fluiditas animasi. Ini adalah teknik yang lebih ekonomis. Dipelopori oleh para seniman di studio Amerika Serikat Productions of America , [36] animasi terbatas dapat digunakan sebagai metode ekspresi artistik bergaya, seperti pada Gerald McBoing-Boing (AS, 1951), Yellow Submarine (Inggris, 1968), dan anime tertentu diproduksi di Jepang. [37] Penggunaan utamanya, bagaimanapun, telah menghasilkan konten animasi hemat biaya untuk media untuk televisi (karya Hanna-Barbera , [38] Filmation , [39] dan studio animasi TV lainnya [40] ) dan kemudian Internet ( kartun web ).

Rotoscoping 

Rotoscoping adalah teknik yang dipatenkan oleh Max Fleischer pada tahun 1917 dimana animator melacak gerakan live-action, frame demi frame. [41] Film sumber dapat langsung disalin dari gambar aktor ke dalam gambar animasi, [42] seperti dalam The Lord of the Rings (AS, 1978), atau digunakan dengan gaya dan ekspresif, seperti dalam Waking Life (AS, 2001) dan A Scanner Darkly (AS, 2006). Beberapa contoh lainnya adalah Fire and Ice (AS, 1983), Heavy Metal (1981), dan Aku no Hana (2013).

Live-action / animation 

Live-action / animation adalah teknik yang menggabungkan karakter yang ditarik tangan ke dalam live action shots atau live action actor menjadi gambar animasi. [43] Salah satu kegunaan sebelumnya ada di Koko the Clown saat Koko menggambar rekaman live action. [44] Contoh lainnya termasuk Who Framed Roger Rabbit (AS, 1988), Space Jam (AS, 1996) dan Osmosis Jones (AS, 2001).

Stop motion animation 

Animasi stop-motion digunakan untuk menggambarkan animasi yang diciptakan dengan memanipulasi objek dunia nyata secara fisik dan memotretnya satu frame film sekaligus untuk menciptakan ilusi gerakan. [45] Ada banyak jenis animasi stop-motion, biasanya dinamai sesuai media yang digunakan untuk membuat animasi. [46] Perangkat lunak komputer tersedia secara luas untuk menciptakan jenis animasi ini; Animasi stop motion tradisional biasanya lebih murah tapi lebih memakan waktu untuk diproduksi daripada animasi komputer saat ini. [46]
  • Animasi boneka biasanya melibatkan tokoh wayang gerakan yang berinteraksi dalam lingkungan yang dibangun, berbeda dengan interaksi real-dunia dalam animasi model.[47] Boneka pada umumnya memiliki armature di dalamnya agar tetap terjaga dan stabil untuk membatasi gerak mereka ke sendi tertentu. [48] Contohnya termasuk The Tale of the Fox (Prancis, 1937), The Nightmare Before Christmas (AS, 1993), Corpse Bride (AS, 2005), Coraline (AS, 2009), film-film Jiří Trnka dan animasi dewasa sketsa komedi serial televisi Robot Chicken (AS, 2005-sekarang).
    • Puppetoon , yang dibuat dengan menggunakan teknik yang dikembangkan oleh George Pal , [49] adalah film animasi boneka yang biasanya menggunakan versi boneka yang berbeda untuk berbagai bingkai, dan bukan sekadar memanipulasi satu boneka yang ada. [50]
Sebuah adegan animasi tanah liat dari sebuah iklan televisi Finlandia
  • Animasi Clay , atau animasi Plasticine (sering disebut claymation , yang bagaimanapun adalah nama merek dagang ), menggunakan gambar yang terbuat dari tanah liat atau bahan lunak yang serupa untuk membuat animasi stop-motion. [45] [51] Angka tersebut mungkin memiliki kerangka angker atau kawat di dalam, mirip dengan animasi boneka terkait (di bawah), yang dapat dimanipulasi untuk menampilkan gambar. [52] Sebagai alternatif, figur itu seluruhnya terbuat dari tanah liat, di film Bruce Bickford , di mana makhluk liat berubah menjadi berbagai bentuk yang berbeda. Contoh karya lempung-animasi termasuk The Gumby Show (AS, 1957-1967), Mio Mao (Italia, 1974-2005), celana pendek Morph (Inggris, 1977-2000), Wallace dan Gromit (Inggris, pada tahun 1989), Dimensi Dialog Jan Švankmajer ( Cekoslowakia , 1982), Pintu Perangkap (Inggris, 1984). Film termasuk Wallace & Gromit: Kutukan dari Were-Rabbit , Chicken Run dan Petualangan Mark Twain . [53]
    • Animasi strata-cut , animasi strata-cut paling sering merupakan bentuk animasi tanah liat dimana roti "seperti roti" dari tanah liat, dikemas secara internal ketat dan sarat dengan berbagai citra, diiris tipis-tipis, dengan pengambilan kamera animasi. bingkai ujung roti untuk setiap potongan, akhirnya mengungkapkan pergerakan gambar internal di dalamnya. [54]
  • Animasi cutout adalah jenis animasi stop-motion yang dihasilkan dengan menggerakkan potongan dua dimensi kertas atau kain. [55] Contohnya termasuk urutan animasi Terry Gilliam dari Circus Flying Monty Python (Inggris, 1969-1974); Planet Fantastis (Perancis / Cekoslowakia, 1973); Kisah Tales (Rusia, 1979), Episode percontohan serial sitkom televisi dewasa (dan kadang-kadang dalam episode) South Park (AS, 1997) dan video musik Live untuk saat ini , dari band Verona Riots (diproduksi oleh Alberto Serrano dan Nívola Uyá, Spanyol 2014).
  • Model animasi mengacu pada animasi stop-motion yang dibuat untuk berinteraksi dengan dan ada sebagai bagian dari dunia live-action. [57] Intercutting, efek matte dan layar split sering digunakan untuk memadukan karakter stop-motion atau objek dengan aktor dan setting live. [58] Contohnya termasuk karya Ray Harryhausen , seperti yang terlihat dalam film, Jason dan Argonauts (1963), [59] dan karya Willis H. O'Brien pada film, King Kong (1933).
  • Animasi objek mengacu pada penggunaan benda tak bernyawa biasa dalam animasi stop-motion, yang bertentangan dengan barang-barang yang dibuat khusus. [63]
    • Animasi grafis menggunakan bahan grafis visual datar yang tidak digambar (foto, kliping koran, majalah, dll.), Yang kadang-kadang dimanipulasi bingkai demi bingkai untuk menciptakan gerakan. [64] Di lain waktu, grafik tetap tidak bergerak, sementara kamera stop-motion dipindahkan untuk membuat aksi di layar.
    • Brickfilm adalah subgenre dari animasi objek yang melibatkan penggunaan Lego atau mainan bata serupa lainnya untuk membuat animasi. [65] [66] Ini memiliki dorongan baru-baru ini dalam popularitas dengan munculnya situs berbagi video, YouTube dan ketersediaan kamera dan perangkat lunak animasi murah. [67]
  • Pixilation melibatkan penggunaan makhluk hidup sebagai karakter stop motion. [68] Hal ini memungkinkan sejumlah efek nyata, termasuk penghilangan dan kemunculan kembali, yang memungkinkan orang muncul meluncur di tanah, dan efek lainnya. [68] Contoh pixilation termasuk The Secret Adventures of Tom Thumb dan Marah Kid short.

Animasi komputer 

Animasi komputer mencakup berbagai teknik, faktor pemersatu adalah animasi dibuat secara digital di komputer. [27] [69] Teknik animasi 2D cenderung berfokus pada manipulasi gambar sementara teknik 3D biasanya membangun dunia maya dimana karakter dan objek bergerak dan berinteraksi. [70] Animasi 3D dapat membuat gambar yang tampak nyata bagi penampil. [71]

Animasi 2D 

Animasi 2D dari dua lingkaran bergabung dengan sebuah rantai
Angka animasi 2D dibuat atau diedit di komputer menggunakan grafis 2D bitmap dan grafis vektor 2D. [72] Ini termasuk versi teknik animasi tradisional terkomputerisasi, diinterpolasi morphing , [73] onion skinning [74] dan interpolated rotoscoping.
Animasi 2D memiliki banyak aplikasi, termasuk animasi komputer analog , animasi Flash , dan animasi PowerPoint . Cinemagraphs masih dipotret dalam bentuk file animasi GIF yang bagiannya diberi animasi. [75]
Animasi adveksi baris terakhir adalah teknik yang digunakan dalam animasi 2D, [76] untuk memberi pengaruh dan kontrol kepada para seniman dan animator atas produk akhir karena semuanya dilakukan di departemen yang sama. [77] Berbicara tentang penggunaan pendekatan ini di Paperman , John Kahrs mengatakan bahwa "animator kita dapat mengubah banyak hal, benar-benar menghapus lapisan bawah CG jika mereka menginginkannya, dan mengubah profil lengannya." [78]

Animasi 3D 

Animasi 3D dimodelkan secara digital dan dimanipulasi oleh animator. Animator biasanya dimulai dengan membuat mesh poligon 3D untuk dimanipulasi. [79] Jaring biasanya mencakup banyak simpul yang dihubungkan oleh sisi dan wajah, yang memberikan tampilan visual bentuk ke objek 3D atau lingkungan 3D. [79] Kadang-kadang, jala diberi struktur kerangka digital internal yang disebut angker yang dapat digunakan untuk mengendalikan jala dengan menimbang simpul. [80] [81] Proses ini disebut rigging dan dapat digunakan bersamaan dengan keyframes untuk membuat gerakan. [82]
Teknik lain dapat diterapkan, fungsi matematika (misalnya gravitasi, simulasi partikel), simulasi bulu atau rambut, dan efek, simulasi api dan air. [83] Teknik ini termasuk dalam kategori dinamika 3D. [84]
Istilah 3D 

Animasi mekanis 

  • Animatronics adalah penggunaan mekatronika untuk membuat mesin yang tampak bernyawa daripada robot.
    • Audio-Animatronics dan Autonomatronics adalah bentuk animasi robotika , dikombinasikan dengan animasi 3 dimensi, dibuat oleh Walt Disney Imagineering untuk pertunjukkan dan atraksi di taman hiburan Disney dan membuat kebisingan (umumnya berupa rekaman ucapan atau lagu). [89] Mereka tetap pada apapun yang mendukungnya. Mereka bisa duduk dan berdiri, dan mereka tidak bisa berjalan. Audio-Animatron berbeda dari robot tipe android karena menggunakan gerakan dan suara yang direkam sebelumnya, bukan merespons rangsangan eksternal. Pada tahun 2009, Disney menciptakan versi interaktif dari teknologi yang disebut Autonomatronics. [90]
    • Linear Animation Generator adalah bentuk animasi dengan menggunakan bingkai gambar statis yang terpasang di terowongan atau poros. Ilusi animasi dibuat dengan menempatkan penampil dalam gerakan linier, sejajar dengan bingkai foto yang terpasang. [91] Konsep dan solusi teknis ditemukan pada tahun 2007 oleh Mihai Girlovan di Rumania.
  • Chuckimation adalah sejenis animasi yang diciptakan oleh pembuat serial televisi Action League Now! di mana karakter / alat peraga dilemparkan, atau dilemparkan dari kamera atau digoyang-goyang untuk disimulasikan dengan tangan yang tak terlihat. [92]
  • Wayang adalah bentuk teater atau animasi kinerja yang melibatkan manipulasi wayang. Hal ini sangat kuno dan diyakini berasal 3000 tahun sebelum masehi. Wayang mengambil banyak bentuk, mereka semua berbagi proses menghidupkan benda berkinerja mati. Wayang digunakan di hampir semua masyarakat manusia baik sebagai hiburan - dalam pertunjukan - dan secara seremonial dalam ritual, perayaan, dan karnaval. Kebanyakan wayang melibatkan penceritaan.
Toy Story zoetrope di Disney California Adventure menciptakan ilusi gerak dengan menggunakan gambar, bukan gambar statis.
  • Zoetrope adalah perangkat yang menghasilkan ilusi gerak dari serangkaian gambar statis yang cepat. Istilah zoetrope berasal dari kata Yunani ζωή ( zoē ), yang berarti "hidup, aktif", dan τρόπος ( tropos ), yang berarti "belokan", dengan "zoetrope" berarti "giliran aktif" atau " roda kehidupan ". [94]

Gaya animasi, teknik, dan pendekatan lainnya 

World of Color hydrotechnics di Disney California Adventure menciptakan ilusi gerak dengan menggunakan 1200 air mancur dengan proyeksi definisi tinggi pada layar kabut.
  • Hydrotechnics : teknik yang mencakup lampu, air, api, kabut, dan laser, dengan proyeksi definisi tinggi pada layar kabut.
  • Diambil pada animasi film : sebuah teknik dimana rekaman diproduksi dengan membuat gambar langsung pada stok film , misalnya oleh Norman McLaren , Len Lye dan Stan Brakhage .
  • Animasi cat-on-kaca : teknik untuk membuat film animasi dengan memanipulasi cat minyak pengeringan yang lambat pada lembaran kaca, [96] misalnya oleh Aleksandr Petrov .
  • Animasi penghapusan : teknik menggunakan media 2D tradisional, difoto seiring waktu karena artis memanipulasi gambar. Sebagai contoh, William Kentridge terkenal dengan film penghapusan arangnya , [97] dan Piotr Dumała untuk teknik auteurnya dalam menghidupkan goresan pada plester.
  • Animasi pincreen : gunakan layar yang penuh dengan pin bergerak yang dapat dipindahkan masuk atau keluar dengan menekan benda ke layar. [98] Layarnya dinyalakan dari samping sehingga pin cast shadows. Teknik ini telah digunakan untuk membuat film animasi dengan berbagai efek tekstur yang sulit dicapai dengan animasi cel tradisional. [99]
  • Animasi pasir: pasir digerakkan di atas potongan kaca depan atau depan untuk membuat setiap bingkai untuk film animasi. [100] Hal ini menciptakan efek yang menarik saat animasi karena kontras ringan . [101]
  • Buku flip: buku flip (kadang-kadang, terutama dalam bahasa Inggris Inggris, disebut buku bergambar) adalah sebuah buku dengan serangkaian gambar yang bervariasi secara bertahap dari satu halaman ke halaman berikutnya, sehingga ketika halaman-halamannya diputar dengan cepat, gambar-gambar itu tampak seperti bernyawa dengan simulasi gerak atau beberapa perubahan lainnya. [102] [94] Buku flip sering diilustrasikan buku untuk anak-anak, [103] mereka juga diarahkan untuk orang dewasa dan menggunakan serangkaian foto dan bukan gambar. Buku flip tidak selalu merupakan buku terpisah, buku ini tampil sebagai fitur tambahan di buku atau majalah biasa, seringkali di sudut halaman. [102] Paket perangkat lunak dan situs web juga tersedia yang mengubah file video digital menjadi buku flip buatan sendiri. [104]
  • Animasi karakter
  • Multi-sketsa
  • Animasi efek khusus

Animator 

Seorang animator adalah seorang seniman yang menciptakan urutan visual (atau audio visual jika menambahkan suara) dari beberapa gambar sekuensial yang menghasilkan ilusi gerakan, yaitu sebuah animasi. Animasi saat ini ada di banyak bidang teknologi dan video, seperti bioskop , televisi , video game atau internet . Umumnya karya-karya ini membutuhkan kolaborasi beberapa animator. Metode untuk membuat gambar ini bergantung pada animator dan gaya yang ingin dicapai (dengan gambar yang dihasilkan oleh komputer, secara manual ...).
Animator dapat dibagi menjadi animator karakter (seniman yang mengkhususkan diri dalam gerakan, dialog dan akting karakter) dan animator efek khusus (misalnya kendaraan, mesin atau fenomena alam seperti air, salju, hujan).

Produksi 

Penciptaan karya animasi non-sepele (yaitu, lebih dari beberapa detik) telah berkembang sebagai bentuk pembuatan film , dengan aspek unik tertentu. [105] Sifat yang umum terjadi pada film live-action dan film animasi adalah intensitas tenaga kerja dan biaya produksi tinggi. [106]
Perbedaan yang paling penting adalah bahwa begitu sebuah film berada dalam fase produksi, biaya marjinal satu tembakan lebih tinggi untuk film animasi daripada film live-action. [107] Adalah relatif mudah bagi seorang sutradara untuk meminta satu pengambilan lagi selama fotografi utama film live-action, namun setiap pengambilan film animasi harus diberikan secara manual oleh animator (walaupun tugas rendering yang sedikit berbeda telah dilakukan dibuat kurang membosankan dengan animasi komputer modern).[108] Tidak ada gunanya bagi studio untuk membayar gaji puluhan animator menghabiskan berminggu-minggu untuk menciptakan adegan lima menit yang memukau secara visual jika pemandangan itu gagal untuk memajukan plot film secara visual. [109] Dengan demikian, studio animasi yang dimulai dengan Disney memulai praktik pada tahun 1930an untuk mempertahankan departemen cerita di mana para seniman storyboard mengembangkan setiap adegan melalui papan cerita , lalu menyerahkan film tersebut kepada para animator hanya setelah tim produksi puas bahwa semua adegan membuat rasa secara keseluruhan [110] Sementara film live-action sekarang juga memiliki storyboard, mereka menikmati lebih banyak lintang untuk berangkat dari papan cerita (misalnya, improvisasi real-time). [111]
Masalah lain yang unik untuk animasi adalah persyaratan untuk mempertahankan konsistensi sebuah film dari awal sampai akhir, bahkan saat film telah berkembang semakin lama dan tim telah tumbuh lebih besar. Animator, seperti semua seniman, tentu memiliki gaya individu, namun harus menundukkan individualitas mereka secara konsisten dengan gaya apa pun yang digunakan pada film tertentu. [112] Sejak awal 1980an, tim yang terdiri dari sekitar 500 sampai 600 orang, 50 sampai 70 diantaranya adalah animator, biasanya telah menciptakan film animasi berdurasi panjang. Sangat mudah bagi dua atau tiga seniman untuk mencocokkan gaya mereka; Menyinkronkan puluhan seniman lebih sulit. [113]
Masalah ini biasanya dipecahkan dengan memiliki kelompok seniman visual yang terpisah mengembangkan keseluruhan tampilan dan palet untuk setiap film sebelum animasi dimulai. Perancang karakter pada tim pengembangan visual menggambar lembar model untuk menunjukkan bagaimana masing-masing karakter terlihat seperti ekspresi wajah yang berbeda, berpose pada posisi yang berbeda, dan dilihat dari sudut yang berbeda. [114] [115] Pada proyek animasi tradisional, maquettes sering dipahat untuk membantu para animator melihat bagaimana karakter terlihat dari berbagai sudut. [29] [114]
Tidak seperti film live-action, film animasi secara tradisional dikembangkan melampaui tahap sinopsis melalui format storyboard; para seniman storyboard kemudian akan menerima pujian untuk menulis film tersebut. [116] Pada awal 1960-an, studio animasi mulai menyewa penulis skenario profesional untuk menulis skenario (sementara juga terus menggunakan departemen cerita) dan skenario telah menjadi hal yang biasa untuk film animasi pada akhir 1980an.

Kritik 

Kritik terhadap animasi telah umum terjadi di media dan bioskop sejak awal. Dengan popularitasnya, sejumlah besar kritik muncul, terutama film berdurasi panjang. [117] Banyak kekhawatiran tentang representasi budaya, efek psikologis pada anak-anak telah muncul di seputar industri animasi, yang tetap agak tidak berubah secara politis dan stagnan sejak diperkenalkan ke budaya mainstream. [118]

Animasi dan Hak Asasi Manusia 

Saat ini, animasi digunakan sebagai metode hiburan, dan dipekerjakan untuk mengkritik atau mempertahankan aspek tertentu dari masyarakat. Sebagian besar proyek ini dinominasikan untuk Oscar atau telah terinfeksi virus di Internet. Sebagai contoh, Dalam Detak Jantung , yang disutradarai oleh Esteban Bravo Amerika dan Beth David, adalah salah satu kandidat untuk mengambil penghargaan Best Animated Short Film di Oscar 2018.
"Dalam Detak Jantung" adalah tentang kisah cinta antara dua remaja laki-laki, karena para direktur ingin memecahkan prasangka terhadap komunitas LGBT. Ini adalah animasi pendek tanpa dialog dimana hati salah satu anak laki-laki lolos untuk mengejar orang muda lainnya. Film pendek ini sudah memiliki lebih dari 32 juta penayangan di YouTube, dan meski sukses, telah menimbulkan beberapa kontroversi. [119]

Penghargaan 

Seperti halnya bentuk media lainnya, animasi juga telah menerapkan penghargaan untuk keunggulan di lapangan. Penghargaan asli untuk animasi dipresentasikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk celana pendek animasi dari tahun 1932, selama fungsi Academy Awards ke-5. Pemenang pertama Academy Award adalah Bunga dan Pepohonan pendek, [120] produksi oleh Walt Disney Productions . [121] [122] Academy Award untuk film animasi berdurasi panjang hanya dilembagakan untuk tahun 2001, dan diberikan pada Academy Awards ke-74 pada tahun 2002. Film ini dimenangkan oleh film Shrek , diproduksi oleh DreamWorks dan Pacific Data Images . [123] Disney / Pixar telah menghasilkan film paling banyak untuk dimenangkan atau dinominasikan untuk penghargaan tersebut. Daftar kedua penghargaan tersebut dapat diperoleh di sini:
Beberapa negara lain telah memberikan penghargaan untuk film animasi terbaik sebagai bagian dari penghargaan film nasional mereka: Africa Movie Academy Award for Best Animation (sejak 2008), Penghargaan BAFTA untuk Film Animasi Terbaik (sejak 2006), César Award untuk Film Animasi Terbaik (sejak tahun 2006) sejak 2011), Golden Rooster Award untuk Best Animation (sejak 1981), Goya Award untuk Film Animasi Terbaik (sejak 1989), Japan Academy Prize for Animation of the Year (sejak 2007), National Film Award untuk Best Animated Film (sejak 2006) . Juga sejak 2007, Asia Pacific Screen Award untuk Best Animated Feature Film telah mendapatkan penghargaan di Asia Pacific Screen Awards . Sejak 2009, European Film Awards telah memberikan European Film Award untuk Best Animated Film .
Annie Award merupakan penghargaan lain yang disajikan untuk keunggulan dalam bidang animasi. Berbeda dengan Academy Awards, Annie Awards hanya diterima untuk prestasi di bidang animasi dan bukan untuk bidang usaha teknis dan artistik lainnya. Mereka diorganisir ulang pada tahun 1992 untuk membuat bidang baru untuk fitur Animasi Terbaik. Pemenang tahun 1990an didominasi oleh Walt Disney, studio baru yang dipimpin oleh Pixar & DreamWorks, sekarang mulai secara konsisten bersaing untuk mendapatkan penghargaan ini. Daftar penerima beasiswa adalah sebagai berikut:

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar